Popular Posts

Be My Friends :-)

Thursday, September 23, 2010

Review Buku: Ptolemy's Gate

From: The Bartimaeus Trilogy
By: Jonathan Stroud
Genre: Novel Fiksi Fantasi
Rating: *****
Page: 576 Halaman
Penerbit: GPU
Penerjemah:Poppy Damayanti Chusfani
Editor: Dini Pandia
Cetak I : September 2007

Ptolemy's Gate adalah buku terakhir dari Trilogy Bartimaeus karya Jonathan Stroud, yang terdiri dari, Buku satu: The Amulet of Samarkand, dan Buku dua: The Golem's Eye .

Tiga tahun berlalu setelah Nathaniel atau John Mandrake berhasil memecahkan misteri Golem yang telah memporak-porandakan kota London. Saat ini, Ia bahkan telah menduduki jabatan yang sangat bergengsi di kementrian Inggris, Menteri Penerangan.

Jabatan, harta, kehormatan dan ketenaran telah Ia dapatkan. Namun Nat tidak bisa menikmati semuanya, karena di masa sekarang, Kerajaan Inggris sedang mengalami keruntuhan. Di segala penjuru kota London para commoners sedang melakukan pemogokan masal, negara tetangga pun tidak mau ketinggalan melakukan penyerangan. Yang paling menyedihkan, pasukan perang Kerajaan Inggris yang terdiri dari Commoners, Penyihir dan Jin, yang di kirim ke Amerika mengalami kekalahan telak.

Semua kekacauan itu menjadikan Nat sebagai kambing hitam. Musuh-musuh Nat di kementrian sihir menunggu saat yang tepat untuk menjatuhkannya. Bahkan percobaan pembunuhan pun kerap kali terjadi. Memaksa Nat mempekerjakan dengan kejam beberapa Jin--Mahluk halus--dari segala level untuk melayaninya setiap saat, terutama Bartimaeus, Jin yang tak terkalahkan dalam setiap pertempuran dan berteman dengan master sihir, Ptolemy.

Dulu, memang Bartimaeus tak terkalahkan, namun sejak ia terperangkap di bumi hanya untuk melayani Nat, energi dan kekuatannya pun perlahan memudar. Bayangkan, menjalankan tugas ringan foliot saja Bart harus melakukannya dengan susah payah!!.

Sementara itu, di bagian lain kota London, Kitty Jones diam-diam melakukan riset tentang dunia sihir dan demon/jin dari seorang penyihir, cendekiawan tua yang terlupakan, Harold Button. Tanpa sengaja di sela-sela kesibukannya melayani Button, Kitty menemukan teori yang menurutnya dapat menyelamatkan Kerajaan Inggris dari kehancuran.

Puncaknya, Bart, Kitty dan Nat membongkar konspirasi yang melibatkan para penyihir dan jin berkekuatan besar dalam upaya menghancurkan Kerajaan Inggris. Pertempuran, tak dapat di hindari. Nat dan Bart pun kompak berjuang menghentikan horor yang menimpa London.

Well, secara keseluruhan buku terakhir dari trilogy ini sangat layak saya berikan bintang tertinggi. Bagus. Saya sangat merekomendasikan buku ini untuk kalian yang suka cerita fiksi fantasy. Hanya saja, ending nya membuat saya ingin menulis email ke Jonathan Stroud dan menanyakan, "WHY???"(SA/2007)

The Bartimaeus Trilogy, terdiri dari:
Buku satu: The Amulet of Samarkand.
Buku dua: The Golem's Eye.
Buku tiga: Ptolemy's Gate.

0 comments:

Post a Comment